KD SMP K13 Revisi 2017 untuk Pengisian e-Raport - Semester 1/ ganjil tahun pelajaran 2017/2018 memasuki babak akhir yakni pembagian raport. Raport SMP sekarang ini sudah menggunakan aplikasi e-Raport Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Dalam e-Raport terdapat Menu KD (Kompetensi Dasar) yang perlu di sini.
Mengingat pembagian rapor siswa SMP khususnya Kelas 7/vii beberapa hari lagi, bapak/ibu guru wali kelas sebaiknya melengkap KD tersebut. Nah, ilmupendidikan88 akan berbagi KD SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Pengisian e-Raport semester 1 tahun pelajaran 2017/2018.
Kumpulan KD (Kompetensi Dasar) SMP Kelas 7 K13 Revisi 2017 untuk Pengisian e-Raport sebagai berikut;
KD PAI SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | memahami Q.S. al-Mujadilah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55:33 serta hadis terkait tentang menuntut ilmu |
3.2 | memahami Q.S. an-Nis�/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. �li Imran/3: 134 serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf |
3.3 | memahami makna al-Asma�u al-Husna: al-Alim, al-Khabir, as-Sami, dan al-Bashir |
3.4 | memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli |
3.5 | memahami makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah. |
3.6 | memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama |
3.7 | memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari�at Islam |
KD Keterampilan
4.1 | Membaca Q.S. al-Mujadilah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55:33 dengan tartil |
4.2 | membaca Q.S. an-Nis�/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. �li Imran/3: 134 |
4.3 | menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al- Asma�u al-Husna: al-Alim, alKhabir, as-Sami, dan al-Bashir |
4.4 | menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat Allah Swt. |
4.5 | menyajikan makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah. |
4.6 | menyajikan makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama |
4.7 | menyajikan cara bersuci dari hadas besar |
KD PPKn SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara |
3.2 | Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan |
3.3 | Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan undang-undang dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
KD Keterampilan
4.1 | Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara |
4.2 | Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan |
4.3 | Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
KD Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca |
3.2 | Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca |
3.3 | Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar |
3.4 | Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar |
3.5 | Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar |
3.6 | Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar |
3.7 | Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan |
3.8 | Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan |
Keterampilan
4.1 | Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang didengar dan dibaca |
4.2 | Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis |
4.3 | Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca |
4.4 | Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa |
4.5 | Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik / tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar yang dibaca dan didengar |
4.6 | Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis |
4.7 | Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar |
4.8 | Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan |
KD Matematika SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) |
3.2 | menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi |
3.3 | menjelaskan dan menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif |
3.4 | menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual |
3.5 | menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) |
3.6 | menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya |
KD Keterampilan
4.1 | menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) |
4.2 | menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan |
4.3 | menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif |
4.4 | menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan operasi biner pada himpunan |
4.5 | menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar |
4.6 | menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel |
KD IPA SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunaan satuan standar (baku) |
3.2 | Mengklasifikas ikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati |
3.3 | Menjelaskankonsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan seharihari |
3.4 | Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan |
3.5 | Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari hari termasuk fotosintesis |
3.6 | Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun sel |
KD Keterampilan
4.1 | Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan bendabenda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku |
4.2 | Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati |
4.3 | Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran |
4.4 | Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor |
4.5 | Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis |
4.6 | Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan |
KD IPS SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan |
3.2 | menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya |
KD Keterampilan
4.1 | menyajikan hasil telaah konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan |
4.2 | menyajikan hasil analisis tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya |
KD Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya |
3.2 | mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive) |
3.3 | mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal) |
3.4 | mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa seharihari, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular) |
KD Keterampilan
4.1 | menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
4.2 | menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
4.3 | menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
4.4 | menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa seharihari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
KD Seni Budaya SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan |
3.2 | memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias |
3.3 | memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan |
3.4 | memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan alam |
KD Keterampilan
4.1 | menggambar flora, fauna, dan alam benda |
4.2 | menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias |
4.3 | membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan buatan |
4.4 | membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan alam |
KD Penjasorkes SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | Memahami gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.*) |
3.2 | Memahami gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.*) |
3.3 | Memahami gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.*) |
3.4 | Memahami gerak spesifik seni beladiri.**) |
3.5 | Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh dan kelenturan) dan pengukuran hasilnya |
KD Keterampilan
4.1 | Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.*) |
4.2 | Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.*) |
4.3 | Mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.*) |
4.4 | Mempraktikkan gerak spesifik seni beladiri.**) |
4.5 | Mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) dan pengukuran hasilnya |
KD Prakarya SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan serat dan tekstil |
3.2 | memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif |
3.3 | memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran |
3.4 | memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari bahan kertas dan plastik lembaran yang kreatif dan inovatif |
KD Keterampilan
4.1 | memilih jenis bahan dan teknik pengolahan serat/tekstil yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misalnya rumput / ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan lain-lain) |
4.2 | merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan serat/tekstil yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat (misalnya rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan lain-lain) |
4.3 | memilih jenis bahan dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran yang sesuai dengan potensi daerah setempat |
4.4 | merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan kertas dan plastik lembaran yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat |
Bagi bapak/ibu guru wali kelas yang ingin mengunduh KD untuk Pengisian e-Raport SMP Kelas 7/vii K13 Revisi 2017 melalu tautan di bawah ini;
KD SMP Kelas 7 K13 Revisi 2017 e-Raport.docx, Unduh File
Demikian KD SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Pengisian e-Raport yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.