Aplikasi e-Rapor SMP Versi 1.1 Tahun 2017-2018 - e-Rapor dirilis secara resmi oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2017-2018. Kelebihan Aplikasi ini Selain terintegrasi dengan Dapodik, Sekolah juga dapat mencetak Leger dan Raport.
e-Rapor SMP adalah aplikasi berbasis web, di mana dalam satu sekolah aplikasi ini cukup diinstal pada server atau komputer yang difungsikan sebagai server. Sedangkan client (dalam hal ini admin, guru, wali kelas, dan peserta didik,kepala sekolah dan orang tua) dapat mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan baik internet, maupun intranet, dengan menggunakan web browser.
Aplikasi e-Rapor SMP terbaru tahun 2017-2018 dikembangkan dengan merujuk kepada panduan penilaian tahun 2017 cetakan ketiga yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMP.
Tugas dan Kewenangan Admin Admin adalah orang yang ditunjuk oleh kepala sekolah untuk bertanggung jawab penuh atas kelancaran penggunaan aplikasi e-Rapor serta memiliki hak akses
dalam pengoperasian e-Rapor. Pada hakikatnya tugas utama admin adalah mempersiapkan data referensi baik data yang diambil dari Dapodik maupun data Referensi Lokal, Sehingga e-Rapor dapat digunakan sebagaimana mestinya. Mengingat begitu penting dan strategisnya kedudukan admin dalam e-Rapor, maka diperlukan seseorang yang memiliki tanggung jawab, dedikasi serta integritas kepribadian yang sangat tinggi. Admin memiliki tugas sebagai berikut:
- Melakukan instalasi e-Rapor ke dalam server.
- Melakukan sinkronisasi data ke dapodik.
- Mengedit profil sekolah.
- Memberi hak akses kepada user dalam hal ini, guru mata pelajaran, wali kelas, guru Bimbingan dan Konseling serta peserta didik, kepala sekolah dan orang tua siswa.
- Menyosialiasikan e-Rapor, membagikan username dan password kepada yang bersangkutan.
- Memetakan mata pelajaran
- Menyesuaikan data muatan lokal
- Menginput kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran.
- Menginput interval predikat mata pelajaran.
- Menginput data tanggal rapor.
- Mencetak rapor.
- Mengirim nilai ke dapodik.
- Melakukan backup dan restore data.
- Menginput nilai US/USBN khusus untuk kelas IX
Di dalam melaksanakan tugasnya, admin hendaknya selalu berkoordinasi dengan:
- Kepala sekolah, selaku pemangku kebijakan di sekolah.
- Wakil kepala urusan kurikulum, dalam hal teknis penilaian.
- Operator Dapodik, dalam hal sinkronisasi data dapodik dan pengiriman nilai ke dapodik.
- Guru mata pelajaran, dalam proses dan input penilaian.
- Wali kelas, dalam hal teknis pencetakan dan kelengkapan data serta nilai yang diperlukan e-Rapor
Bapak dan ibu Guru sahabat ilmupendidikan88 dimanapun Anda berada, untuk lebih jelasnya tentang Cara menginstall Aplikasi e-Rapor, Cara Login sebagai Admin, Cara mengambil Data Dapodik pada E-Rapor, Cara Mapping Mata Pelajaran, Cara Input KKM dan Cara Input Nilai Pada e-Rapor, Mengirim Nilai Ke Dapodik (Sinkronisasi) sampai Cara Cetek Leger dan Cetak Rapor silahkan baca Panduan Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017/2018 pada link yang saya sematkan dibawah ini;
Aplikasi E-Rapor dan Panduan Aplikasi E-Rapor SMP Tahun 2017/2018
Aplikasi E Rapor SMP Tahun 2017 - 2018, Panduan Aplikasi E Rapor SMP Tahun 2017 - 2018, Aplikasi Penilaian SMP Terbaru Versi 1.0 Tahun 2017 dan Update e Rapor SMP Versi 1.1, Unduh Link 1
Aplikasi E Rapor SMP Tahun 2017 - 2018, Panduan Aplikasi E Rapor SMP Tahun 2017 - 2018, Aplikasi Penilaian SMP Terbaru Versi 1.0 Tahun 2017 dan Update e Rapor SMP Versi 1.1, Unduh Link 2
Aplikasi E Rapor SMP Tahun 2017 - 2018, Panduan Aplikasi E Rapor SMP Tahun 2017 - 2018, Aplikasi Penilaian SMP Terbaru Versi 1.0 Tahun 2017 dan Update e Rapor SMP Versi 1.1, Unduh Link 3
LINK ALTERNATIF E-RAPOR SMP 2018 VERSI 1.00
Aplikasi e-Rapor SMP 2018 Versi 1.00 dan Panduan e-Rapor SMP versi 1.0 dan Update e Rapor SMP Versi 1.1, Unduh
Demikian Aplikasi e-Rapor beserta Panduan Aplikasi e-Rapor SMP 2017/2018 (Aplikasi e-Rapor Kurikulum 2013 Resmi Direktorat PSMP) yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.